Kamis, 28 Maret 2013


nge-BLOG sambil cari duit atau cari duit sambil nge-BLOG , mending baca baca dulu aja deh , yuk marii
Makhluk Apa Mekatronik itu ?



                    Istilah "mechatronics" (mekatronika ) pertama kali muncul di jepang pada tahun 1969 , dari kalangan Industri Yaskawa Electric. Pada 1972 , kata "mechatronics" menjadi merek dagangnya Yaskawa Electirc. Istilah ini lalu tersebarluas penggunaannnya dikalangan industri. Agar banyak kalangan lebih bebas menggunakan kata "mechatronics", pada 1982 Yaskawa melepaskan haknya atas kata tersebut. 
                      Sejak saat itu kata tersebut meluas maknanya dan saat ini telah diterima sebagai istilah teknik rekayasa perangkat lunak. Pada tahun 1996 dunia mendirikan Departemen Mekatronika , yang akna mempelajari elemen-elemen mekanikal dan elektronik saja. Namun, kini berkembang dan meluas cakupannya, yaitu suatu bidang teknik mesin, elektronika , perangkat komputer ( keras dan lunak) , komunikasi, ilmu bahan, mikroelektronika, serta kecerdasan buatan.
                      Sementara, di Indonesia disadari atau tidak , telah banyak menggunakan peralatan "mekatronis", sehingga perlu banyak tenaga kerja bidang mekatronika.
                       Samapai saat ini, sepengetahuan penulis, kajian mekatronika di Indonesia terdapat di Universitas Sanata (D3) , Poleteknik Manufaktur Bandung (D3) . Akademi Teknik Mesin Industri Surakarta (D3) Swis German University (S1 dan S2)  , VEDC Malang , Polman , Astra , Pendididkan Khusus Keahlian Teknik (PKKF) Siemens di Cilegon (non gelar 3 tahun.
           Jadi , sapa nih yang mau masuk sekolah dengan jurusan Mekatronik , namun penulis menambahkan kalo sekolah jurusan  Mekatronik setara dengan SMA atau SMK , yakni SMKN 8 Malang.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Tissa Blogger Template by Ipietoon Blogger Template